Cara Mengatasi Kerusakan Pada Modem iDirect
Langkah-langkah
perbaikan kerusakan, Troubleshooting atau gangguan pada modem idirect
ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis sewaktu melakukan maintenance VSAT
IP PT. Patrakom di beberapa lokasi yang dirangkum
dalam sebuat tabel. Hal ini semata untuk tujuan pembelajaran agar tidak dilupa
dikemudian hari dan berguna bagi sesama teknisi VSAT. Tambahan atau komentar
sangat dibutuhkan demi menambah pengetahuan bersama. Berikut saya lampirkan
dalam tabel jenis gangguan dan cara mengatasinya. Terima Kasih
NO.
|
INDIKASI PADA MODEM
|
KERUSAKAN
|
PENYEBAB GANGUAN
|
LANGKAH PERBAIKAN
|
1.
|
Normal (
Lampu rx,tx,net,power =ON)
|
Transmit
modem tidak terdeteksi di pusat
|
Setting
transmit mute, kabel rx belum terpasang
|
>Jika
sebelumnya pada saat transmit kabel RX dilepas maka coba pasang kembali kabel
RX
|
> masuk
di CMD ketik Username : admin Password : P@55w0rd!
|
||||
> ketik
tx status ( hasil : un-mute / mute)
|
||||
> (TEST
CW) Jika hasil : mute ketik "tx iflDC on" enter sama "tx ifl10
on" enter sama "tx enable on" enter, kemudian tes CW diNCC
Patrakom di RF UP link 6065 Telkom1 4H atau di HUB Telkom cibinong di nomor
bebas pulsa 08001778224 di RF Up link 6280 BUC LO 4900 Telkom1 9H
|
||||
2.
|
Lampu TX
dan NET menyala bergantian
|
Transmit
modem bermasalah
|
Power BUC
lemah, Konektor BUC berkarat
|
> Cek
konektor BUC dan modem, Tukar kabel RX ke TX
|
> Ganti
BUC
|
||||
> Test
CW seperti langkah diatas
|
||||
3
|
Normal (
Lampu rx,tx,net,power =ON)
|
Jaringan
lambat
|
terlalu
banyak komputer yang di share ke jaringan
|
> Cek
current sinyal ( maksimalkan pointingan antena)
|
> Cross
poll
|
||||
>
Kordinasikan dengan NCC Patrakom
|
0 opmerkings:
Plaas 'n opmerking